Cegah Covid-19, Pairin Himbau Praktikan PHBS di Sekolah

Kota Metro – Walikota Metro Achmad Pairin memimpin gelar musyawarah penanganan Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 dan UPTD SMP Negeri 5 Metro, Senin (16/03/2020).

Achmad Pairin imbau kepada seluruh sekolah untuk banyak menyediakan tempat cuci tangan dengan menggunakan air mengalir, serta tempat penampungan air menggunakan baskom stenlis.

“Pairin menyampaikan bahwa Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan Corona mampu bertahan pada suhu dibawah 27°c. Dan jika ada warga Kota Metro yang terkena virus ini, maka virus tersebut mampu bertahan selama 14 hari di tubuh penderita.

READ  Bupati Zaiful Bokhari Memberi sambutan dalam acara Festival Tani Makmur di Mataram Baru 

Lanjutnya, Achmad Pairin mengungkapkan bahwa, angka kematian dari Virus Corona hanya mencapai 2%. Angka ini lebih kecil dari penyakit DBD (demam dengue) yang mencapai 4%.

“Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk mencegah Covid-19 dengan, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Tidak bersalaman atau minimal bersentuhan fisik. Mengurangi pertemuan yang melibatkan banyak orang kalaupun ada pertemuan agar tanpa bersalaman. Menyiapkan sarana cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau cairan antiseptik. Menjaga stamina dengan makan makanan bergizi seimbang dan PHBS,” jelas Pairin.

READ  DPRD Kota Metro Tegur Dinkes Terkait Bangunan Puskesmas Iringmulyo Rusak

Selain itu, Pairin juga melanjutkan penjelasannya mengenai cara pencegahan yaitu dengan melakukan pemantauan kepada orang yang baru bepergian ke luar negeri selama 14 hari dan melaporkan kedatangannya ke Puskesmas/ Dinas Kesehatan Kota Metro, serta menghindari tempat-tempat kerumunan orang.

“Bagi yang akan beribadah, agar membawa peralatan ibadah sendiri.
Sementara tidak berpergian ke luar negeri atau negara yang sedang terjangkit Covid-19. Bila ada keluhan demam, batuk, pilek, sesak napas segera berobat ke sarana pelayanan kesehatan,” jelas Pairin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here