“Upgrade Skill and Knowledge!” melalui Pesta Literasi Anak Kabupaten Lampung Barat 2019

0
20

Indonesia adalah negara besar yang memiliki sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) berlimpah. Hal ini merupakan potensi besar untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju di dunia. Namun, sampai saat ini, Indonesia masih masuk dalam kategori negara berkembang yang terus berupaya membebaskan diri dari sejumlah masalah domestik, terutama terkait dengan peningkatan kualitas SDM. Masalah kualitas SDM tersebut berpotensi menghambat kemajuan Indonesia.

Pendidikan menjadi prioritas utama dalam upaya membangun dan meningkatkan kualitas manusia. Dalam upaya ini diperlukan sarana dan prasarana serta kemauan dan kesiapan setiap individu untuk melibatkan diri, berpikir maju dan mengembangkan kompetensi diri.

Peningkatan kualitas manusia melalui pendidikan, berkaitan erat dengan tingkat minat baca. Hasil survei beberapa lembaga menunjukkan tingkat minat baca masyarakat Indonesia masih rendah. Bahkan di bawah rata-rata tingkat minat baca negara Asia lainnya.

Berdasarkan data UNESCO tahun 2012, indeks minat baca masyarakat Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, dari 1.000 penduduk hanya satu warga yang tertarik untuk membaca. Data UNESCO untuk indeks pembangunan pendidikan, Indonesia berada di nomor 69 dari 127 negara. Secara nasional, tidak sampai satu judul buku yang dibaca seseorang dalam setahun.

Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kualitas SDM khusus nya di kabupaten Lampung Barat maka kami Panitia bersama yang terdiri dari RSIA Bunda Liwa, Pemkab Lampung Barat, Forum Literasi Lampung Barat, Gerakan Literasi Lampung Barat, dan Toko Buku Gramedia Lampung bekerja sama dalam menyelenggarakan Pesta Literasi Anak Lampung Barat, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap gerakan literasi itu sendiri, dimana masih kebanyakan masyarakat berpandangan bahwa literasi hanya sebatas melek aksara dan membudidayakan minat baca.

Padahal jika kita pahami lebih dalam gerakan literasi itu dapat diperluas menjadi seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, berkomunikasi dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa dan keahlian individu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Agar dapat meningkatan kualitas SDM masyarakat lampung barat dan mendorong masyarakat agar tidak pernah berhenti untuk terus menerus belajar, meningkatkan keahlian masing masing individu di semua bidang. sehingga dapat berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat lampung barat pada khususnya dan republik Indonesia pada umum nya, dan itu harus kita mulai dari tingkat terendah yaitu kampung/pekon serta menyentuh semua lapisan generasi.

Selain itu juga Pesta literasi ini akan dilaksanakan pada hari minggu 20 oktober 2019 yang kemungkinan akan di hadiri oleh kurang lebih 400-500 Peserta dari 67 titik lamban baca se kabupaten lampung barat adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan adalah lomba anakanak seperti lomba mewarnai, lomba puzzle, lomba be a number one, serta lomba tebak gambar, kemudian juga akan ada penetapan sebagai lamban baca terbaik se kabupaten lampung barat yang akan di ambil juara 1-3, kemudian pemberian reward bagi para pengelola lamban baca terpilih, doorprice serta donasi buku kepada seluruh lamban baca yang ada sebanyak 2500 buku .

Lampung Barat, 20 Oktober 2019

Panitia Bersama

Dona Sorenty Moza

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here